Senin, 17 Juni 2019


Lagu menjadi salah satu bagian dari hidup kita yang tidak bisa dipisahkan. Film pun mempunyai lagu itu sendiri, jadi disini siapa yang belum tau lagu itu apa ?

Kita semua tau apa sih itu mp3, mp3 itu adalah format lagu yang sering kita gunakan untuk mendengar lagu itu sendiri. mp3 merupakan lossy compresion. So file mp3 makanya kecil cuma 4mb sampai 10mb paling besar. Meski populer namun sayang, mp3 sudah sangat ketinggalan zaman dan bahkan izin untuk program tersebut sudah berhenti sejak Mei 2017 lalu. Lalu apa penggantinya?


FLAC atau Free Lossless Audio Codec merupakan format audio dengan tingkat kompresi sekitar 50% hingga 60% dari ukuran aslinya. Dengan ukuran file jauh lebih besar dari MP3, kualitas suara yang dimiliki terjaga hingga sangat mirip dengan sumber audionya.

Kelebihan FLAC :
  • Range suara jauh lebih luas.
  • Grafik suara sangat halus, tidak membuat telinga sakit.
  • Audio Bit Rate hingga 4068Kbps.

Kekurangan FLAC :
  • Ukuran file sangat besar, minimal tiga kali dari MP3.
  • Harus didengar memakai perangkat audio hi-res.
  • Berat untuk distreaming dengan internet lambat.

Perangkat lunak FLAC bersifat bebas dan open source. FLAC banyak digunakan untuk mengedarkan bootleg rekaman konser, dan lebih disukai oleh penggemar audio karena kualitasnya lebih tinggi daripada mp3.

1 komentar:

  1. Jika Anda menggunakan Paket Internet Rumahan dengan menggunakan FUP, maka agar tahu batas wajar kuota yang Anda gunakan sangat perlu agar Anda bisa lebih mengatur penggunaan internet kedepannya agar tidak terjadi FUP yang menyebabkan internet lola.

    BalasHapus

Subscribe to RSS Feed Follow me on Twitter!