Minggu, 24 Maret 2019


Soal :
1. Apa Itu Service Manajement?
2. Sebutkan dan jelaskan standar internasional manajemen pelayanan SI/TI
3. Contoh Layanan Manj. SI/TI dalam bidang bisnis,transportasi,e-commers,perbankan (minimal 2)


Jawab :

 1. Desifinisinya adalah sastu set kemampuan dari suatu organisasi untuk menyediakan value kepada customernya dalam bentuk layanan. Satu bentuk kemampuan untuk membentuk fungsi dan proses yang berkesinambungan dengan mengedepankan strategi, desain, transisi, operasi dan peningkatan yang berkala.

2. Standar Internasional Manajemen Pelayanan SI/TI


ITIL merupakan kerangka best practice yang dapat dijadikan sebagai panduan dan referensi dalam memastikan terwujudnya manajemen pelayanan teknologi informasi (IT Services Management) yang prima dan handal.
Alasan Kantor Pemerintahan Inggris membuat standar yang kemudian berkembang dan dikenal dengan istilah ITIL (Information Technology Infrastructure Library) adalah untuk memastikan terciptanya layanan publik yang berkualitas di seluruh lini pemerintahan kerajaannya. Dengan adanya sebuah panduan standar atau kriteria minimum ini diharapkan bahwa pemerintah pusat, daerah, distrik, hingga pada satuan terkecilnya dapat memberikan pelayanan kepada publik secara baik, dalam arti kata cepat, tepat, murah, dan terkendali. Mengingat bahwa hampir seluruh proses atau aktivitas pelayanan publik menggunakan teknologi informasi dan komunikasi, maka dirasa perlu adanya rumusan standar yang harus dipatuhi oleh seluruh pelaku pemberi pelayanan (dan pemangku kepentingan terkait lainnya).

Adapun yang dimaksud dengan layanan teknologi informasi dapat dilihat dari berbagai jenis, seperti:
´  Layanan dalam memberikan informasi kepada manajemen untuk mengambil keputusan;
´  Layanan dalam memberikan data kepada setiap unit operasional untuk kegiatan transaksi bisnis;
´  Layanan dalam menyalurkan pesan dari satu entitas ke entitas lainnya melalui media komunikasi elektronik;
´  Layanan dalam memberikan informasi yang diperlukan oleh pelanggan internal maupun ekternal;
´  Layanan dalam menyediakan teknologi untuk kegiatan administratif fungsional maupun strategis;
´  Layanan dalam memastikan terjadinya kendali atau kontrol yang baik terhadap proses bisnis usaha; dsb.

Secara prinsip, ada 5 (lima) domain proses utama yang harus diperhatikan secara sungguh-sungguh dalam memastikan terjadinya pelayanan berbasis teknologi informasi yang handal, masing-masing adalah sebagai berikut:
  • Service Strategy

mengisyaratkan bahwa setiap organisasi harus memiliki sebuah Strategi Pelayanan yang menjadi panduan bagi setiap aktivitas “services” yang terjadi dalam organisasi. Secara prinsip, strategi ini berisi bagaimana cara dan mekanisme yang dianut serta perlu dilakukan oleh seluruh pemangku kepentingan organisasi di dalam usahanya untuk memberikan layanan yang baik.
  • Service Design

memperlihatkan bagaimana organisasi merancang ekosistem (infrastruktur) teknologi informasi untuk memenuhi atau melayani para pemangku kepentingannya. Melalui desain ini, diharapkan tercipta suatu lingkungan kondusif bagi divisi teknologi informasi dalam memberikan layanan prima ke segenap individu, kelompok, dan unit/divisi pengguna pada organisasi.
  • Service Transition

menggambarkan bagaimana organisasi bertransformasi atau menjalankan perubahan menuju rancangan lingkungan pelayanan yang diinginkan. Tahapan transisi ini harus dikawal dengan sebaik-baiknya agar efektif dan tidak terjadi chaos.
  • Service Operation

mendeskripsikan secara detail dan jelas mengenai inti dari rangkaian proses manajemen, yaitu pengelolaan pelayanan itu sendiri pada tahap operasionalnya. Di sinilah para pelanggan internal maupun eksternal (pemangku kepentingan) akan mendapatkan langsung manfaat dari keberadaan teknologi informasi dan komunikasi.
  • Continual Service Improvement

mengingatkan perlunya dilakukan perbaikan berkesinambungan terus menerus dari masa ke masa. Hal ini tidak saja berarti bahwa organisasi yang bersangkutan senantiasa belajar dan selalu berkembang dari masa ke masa, namun mengandung makna bahwa organisasi selalu siap menghadapi berbagai perubahan karena dinamika global.

3. Contoh layanan SI/TI dalam penyediaan layanan media streaming digital
  • Netflix

Netflix adalah adalah salah satu penyedia layanan media streaming digital, berkantor pusat di Los Gatos, California. Didirikan pada tahun 1997 oleh Reed Hasting sand Marc Randolph di Scotts Valley, California. Bisnis utama dari perusahaan ini adalah layanan berlangganan streaming, yang mana ditawarkan secara online dengan beberapa program film dan televisi, termasuk beberapa program yang dibuat oleh Netflix sendiri.
Menurut saya netflix jika untuk negara diluar benua Amerika tidak terlalu banyak fitur seperti disana. Dan harga yang menurut saya standar untuk kantong masyarakat Indonesia. Cocok untuk kalangan menengah keatas. Dan film film yang terbaru dan terlengkap yang ada disana.

  
  • Iflix



Iflix (bergaya sebagai iflix) adalah layanan video on demand (VOD) gratis dan berlangganan yang berfokus pada pasar negara berkembang. Kantor pusat globalnya berada di Kuala Lumpur, Malaysia. Situs ini berfungsi sebagai platform hosting dan distribusi digital untuk acara dan film TV Barat, Asia, dan Timur Tengah yang diperoleh melalui kemitraan dengan lebih dari 150 studio dan distributor konten secara global [2] termasuk Metro-Goldwyn-Mayer, Disney, Warner Bros, Paramount, NBC Universal, Fox, CBS, BBC, Sony Pictures and Discovery.

Iflix saat ini tersedia di 22 negara di Asia, Timur Tengah dan Afrika Utara, termasuk Malaysia, Indonesia, Filipina, Thailand, Brunei, Sri Lanka, Pakistan, Myanmar, Vietnam, Maladewa, Kuwait, Bahrain, Arab Saudi, Yordania, Irak, Lebanon, Mesir, Sudan, Kamboja, Nepal, Bangladesh, dan Maroko. Pada Juli 2018, Iflix memiliki lebih dari 15 juta pelanggan pada layanannya



Menurut saya iflix tidak terlalu banyak film yang lengkap, tidak seperti netflix tetapi iflix mempunyai fitur free untuk kalangan menegah kebawah yang memudahkan mereka jika ingin menonton film secara gratis.

Sumber :
http://www.equine.co.id/it-service-management-2/

https://id.wikipedia.org/wiki/Netflix

https://en.wikipedia.org/wiki/Iflix

0 komentar:

Posting Komentar

Subscribe to RSS Feed Follow me on Twitter!